Sirah Nabawi -part 19- Hikmah Perang Bani Quraizhah

Episode 19.7
Chapter: Hikmah Perang Bani Quraizhah

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad..

Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada teladan kita, Nabi yang paling mulia, Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa salam, beserta keluarga, sahabat-sahabat dan seluruh kaum muslimin yang setia menegakkan ajaran-risalah beliau hingga akhir zaman.

Alhamdulillah, kita lanjutkan sirah nabawi-nya..

Hikmah Perang Bani Quraizhah

1. Kaum Muslim boleh membunuh siapa pun yang membatalkan perjanjian secara sepihak, memberontak, atau akan melakukan kudeta kepada pemerintahan yang sah. Ini masih dipraltikkan Negara-negara modern kepada para pengkhianat Negara.

2. Dalam persoalan-persoalan yang bersifat furu’iyyah (cabang), kaum Muslim disyariatkan untuk berijtihad. Hal ini telah dicontohkan para sahabat saat mereka menafsirkan sabda Nabi saw, “Hendaknya, jangan ada satu pun di antara kalian yang shalat Ashar ataupun Dhuhur kecuali di Bani Quraizhah.”
Para sahabat berbeda pendapat tentang hal ini. Namun, Rasulullah saw tidak menyalahkan pendapat yang berkembmang karena itu bukan hal yang utama atau prinsip dalam Islam.

*tobecontinued*

Credit and Thanks to Abi Makki, Allah yubarik fiih..

kisah ini dalam versi audio mp3 Ceramah oleh ustadz Abi Makki bisa didownload atau streaming dari link : http://www.4shared.com/mp3/BxHv-vn2/sirah_nabawi_19_akhir_khandaq.html

Leave a comment