Sirah Nabawi -part 6- Berbagai Tekanan dan Siksaan

Episode 6.12
Chapter: Berbagai Tekanan dan Siksaan

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad..

Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada teladan kita, Nabi yang paling mulia, Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa salam, beserta keluarga, sahabat-sahabat dan seluruh kaum muslimin yang setia menegakkan ajaran-risalah beliau hingga akhir zaman.

Alhamdulillah, kita lanjutkan sirah nabawi-nya..

Orang-orang musyrik menerapkan cara-cara kekerasan untuk menghentikan dakwah Rasulullah SAW. Apalagi ketika dengan cara-cara sebelumnya tidak berhasil menghentikan dakwah, maka dengan berbagai cara mereka menyiksa orang-orang yang masuk Islam.

Gangguan dan siksaan-siksaan itu tidak begitu berarti bagi diri Rasulullah SAW, karena beliau masih mendapat perlindungan dari Abu Thalib, orang yang paling disegani dan dihormati di Mekkah.

Tapi bagi orang-orang muslim yang lemah, maka semua itu terasa amat berat dan pahit. Karena kebanyakan yang masuk Islam adalah orang-orang fuqara, orang-orang miskin. Orang-orang seperti ini, yang tidak memiliki pelindung, mendapatkan berbagai macam tekanan, yang bila diceritakan secara mendetail tentu akan memiriskan hati.

Seperti apa yang dialami oleh Bilal. Bilal yang saat itu menjadi budak Umayyah ibn Khalaf, pernah dikalungi tali di lehernya, lalu dia diserahkan kepada anak-anak kecil, untuk dibawa berlari-lari di sebuah bukit di Mekkah, sehingga lehernya membilur karena bekas jeratan tali itu, karena memang Umayyah mengikatkan tali itu kencang-kencang, dan masih ditambahi lagi dengan pukulan tongkat.

Setelah itu Bilal disuruh duduk di bawah terik matahari dan dibiarkan kelaparan. Penyiksaan paling keras yang dialaminya adalah suatu hari dia dibawa keluar selagi matahari tepat di tengah ufuk, lalu dia ditelentangkan di atas padang pasir Mekkah.

Umayyah meminta sebuah batu yang besar lalu meletakkannya di atas dada Bilal, seraya berkata, “Kamu tetap seperti ini hingga kamu mati ataukah mengingkari Muhammad serta menyembah Latta dan Uzza.”

Bilal tetap berucap, “Ahad, Ahad..” Artinya, “Yang Satu, Yang Esa”

Lain lagi dengan yang terjadi pada Ammar bin Yasir. Dia adalah seorang pemuda yang sangat miskin, dia masuk Islam bersama ibu dan bapaknya. Orang-orang musyrik yang dipimpin Abu Jahal menyeret mereka ke tengah padang pasir yang panas membara, mereka disiksa.

Yasir, bapaknya, mati syahid dalam penyiksaan itu, dan ibu Ammar, Sumayyah ditikam Abu Jahal dengan menggunakan tombak, syahid juga.

Ketika Rasulullah SAW mengetahui apa yang menimpa keluarga Yasir ini, maka keluar teriakan beliau, tidak pernah beliau berteriak sekeras itu, “Sabarlah wahai keluarga Yasir! Sesungguhnya Allah SWT menjanjikan tempat bagi kalian, yaitu surga.”

Keluarga Yasir inilah, bapak dan ibunya, yang pertama kali mati syahid dalam mempertahankan akidah Islam. Sehingga, siapa saja yang mati syahid, sejak dari keduanya sampai hari ini, maka keluarga Yasir juga mendapat pahalanya.

Subhanallah.. Bagaimana bisa begitu?

Karena Rasulullah SAW bersabda, siapa yang telah memulai perbuatan baik dengan Islam, maka dia mendapat pahalanya, dan dia akan mendapatkan pahala yang mengalir terus jika ada siapa saja yang mengikuti jejaknya.

Bisa dipahami ya?

Maka, dari mulai terbunuhnya keluarga Yasir, sampai sekarang sudah berapa banyak orang yang mati syahid? Setiap orang yang mati syahid, maka keluarga Yasir mendapatkan pahala, subhanallah.. luar biasa Islam ini. Tapi juga sebaliknya, kalau membuat keburukan, maka dosanya juga mengalir terus dari yang mengikutinya.

Sedangkan Ammar yang masih hidup harus menghadapi penyiksaan yang lebih menyakitkan lagi. Sebuah batu yang panas diletakkan di dadanya dan sebagian tubuhnya yang lain dibenamkan di dalam pasir yang panas membara.

Daftar orang-orang yang disiksa karena masuk Islam masih banyak dan panjang serta mengerikan.

*tobecontinued*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s