Sirah Nabawi -part 2- Abrahah dan Pasukan Gajah

Episode 2.1
Chapter: Abrahah dan Pasukan Gajah

Setelah menerima surat dari Abrahah untuk datang berhaji ke Qullais, orang Arab bertanya-tanya tentang Qullais ini. Apa sih Qullais ini, sejarahnya bagaimana, kapan jadinya, agungnya apa, hebatnya apa, tidak ada yang tahu. Malah bagi orang Arab, justru ini merupakan penghinaan bagi Ka’bah.

Ada satu kabilah yang sangat mencintai dan mengagungkan Ka’bah, Bani Faqim in ‘Adiy nama kabilanya, ingin menyelidiki seperti apa Qullais ini.

Maka, pada waktu tengah malam, mereka masuk ke Qullais, dilihatnya bangunan tinggi ini. Tapi na udzu billah.. mereka melakukan tindakan yang tidak terpuji pada Qullais ini, mereka mengotori Qullais, bahkan kotorannya ditempel-tempel di dinding, na udzu billah.. Hal ini mereka lakukan karena saking bencinya terhadap Qullais ini.

Ketika mengetahui apa yang terjadi pada Qullais ini, marahlah Abrahah,

“Siapa yang telah mengacaukan  tempat peribadatan ini?”

“Itu kabilah Bani Faqim in ‘Adiy”

“Siapa kabilah Bani Faqim in ‘Adiy?”

“Kabilah dari bangsa Arab. Mereka yang mengagungkan Ka’bah”

“Ka’bah? Apa itu Ka’bah?”

“Ka’bah adalah tempat berhajinya orang-orang Arab”

Maka ada satu pendapat dari para cendekia nya Abrahah yang mengatakan, “Wahai Raja Abrahah, ketahuilah orang Arab ini tidak mungkin bisa berhaji  ke Qullais selama Ka’bah itu masih ada.”

“Kalau begitu, hancurkan Ka’bah,” perintah Abrahah.

Lalu Abrahah dan pasukannya siap berangkat ke kota Mekkah untuk menghancurkan Ka’bah. Mereka berangkat dengan menggunakan kendaraan yang asing bagi orang Arab, orang Arab tidak mengenalnya, yaitu gajah. Gajah yang warnanya agak putih, besar sekali, orang Arab belum pernah melihatnya.

Nama gajah yang paling depan adalah maHmud, pake H besar. Kalau mahmud pake h kecil, itu artinya terpuji. Kalau maHmud pake H besar, artinya bisa dijelaskan sebagai berikut, karena saking besarnya, sehingga pas kakinya menginjak, timbul getaran di bumi, karena saking gedenya kakinya. Bleng! Bleng!

Maka berangkatlah gajah itu dengan supirnya/pengendalinya yang bernama Unais, sedangkan Abrahah berada di belakangnya. Berita keberangkatan pasukan Abrahah yang akan menghancurkan Ka’bah ini tersebar ke seluruh jazirah Arab.

Sehingga gentarlah, takutlah orang-orang Arab, waduh, bagaimana ini, Ka’bah akan dihancurkan. Namun kabilah-kabilah Arab mengadakan perlawanan pada pasukan Abrahah ini.

Selama perjalanan menuju Mekkah, banyak perlawanan dari kabilah Arab, tapi sayang mereka tidak bersatu. Akibatnya dengan mudah mereka dikalahkan oleh pasukan Abrahah.

Perlawanan yang pertama adalah dari kabilah yang dipimpin oleh Dhu Nafar. Kabilah ini merupakan salah satu kabilah yang kuat, tapi sayang karena tidak bersatu, maka ketika mereka menyerbu Abrahah, dalam waktu tak berapa lama, mereka sudah habis kalah oleh pasukan Abrahah. Akhirnya pimpinan kabilah, Dhu Nafar pun diborgol dan dijadikan tawanan.

Perlawanan berikutnya adalah dari kabilah yang dipimpin oleh Nufail bin Habib Al-Khats’amiy. Namun karena tidak bersatu, maka mengalami akhir yang sama dengan kabilah Dhu Nafar, kalah, pemimpinnya, Nufail bin Habib Al-Khats’amiy juga ditawan.

Abrahah tetap mendapatkan perlawanan dari kabilah-kabilah Arab dalam perjalanannya menuju Mekkah. Walaupun seluruh bangsa Arab tahu, tidak mungkin ada yang bisa mengalahkan pasukan Abrahah, namun mereka tetap mengadakan perlawanan walaupun harus mati.  Setiap kabilah melawan.

Subhanallah.. Saking cintanya mereka pada Ka’bah

*tobecontinued*


kisah ini dalam versi audio mp3 Cermaah oleh ustadz Abi Makki bisa didownload atau streaming dari link :

http://www.4shared.com/mp3/cWrAMroW/Sirah_Nabawi_03_Abrahah_n_Maul.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s